Teknik Menyusun SOP Berbasis KPI


Workshop Dua hari
Teknik Menyusun SOP Berbasis KPI
Standard Operating Procedures Berbasis Key Performance Indicators
Early Bird Rp. 2.500.000,- Normal Rp. 3.100.000,-
Venue : Lumire Hotel – Jakarta Pusat
———————————————

Teori 25% – Praktek 75%
Seluruh peserta diwajibkan membawa laptop
membawa tiga buah Job Description
membawa tiga buah SOP (jika ada)
membawa KPI dari tiga Job Tittle (jika ada)

Praktek, praktek dan praktek !!
Pastikan Anda menjadi salah satu pesertanya !!

Pendahuluan

Standar Operasional Prosedur adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan
tugas & tanggung jawab pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian
kinerja perusahaan berdasarkan indikator indikator teknis, administrasif dan
prosedural sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada
unit kerja dalam perusahaan. Tujuan SOP adalah menciptakan komitmen mengenai
apa yang dikerjakan oleh satuan unit kerja dalam perusahaan untuk mewujudkan
goal perusahaan yang diterjemahkan dari visi misi perusahaan.

Pada saat perusahaan berupaya menyusun sebuah Standard Operating Procedures
( SOP ) hal itu menunjukan bahwa perusahaan mempunyai kemauan untuk
memperbaiki Proses, prosedur, kuantitas dan kualitas kerja di dalam
lingkungan bisnis perusahaan. Upaya menyusun sebuah Standard Operating
Procedures ( SOP ) memang sangat diperlukan mengingat perubahan & kompetisi
serta tuntutan dari pihak eksternal selalu terjadi didalam iklim bisnis saat
ini dan dimasa yang akan datang.

Standar operasional prosedur tidak saja bersifat internal tetapi juga
eksternal, karena SOP selain digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan
yang berkaitan dengan ketepatan bisnis proses, kualitas, kuantitas dan
waktu,  juga digunakan untuk menilai kinerja perusahaan di mata klien,
pelanggan, mitra, vendor, supplier dan masyarakat berupa responsivitas,
responsibilitas, dan akuntabilitas kinerja perusahaan. Hasil kajian
menunjukkan tidak semua satuan unit kerja dalam perusahaan memiliki SOP,
karena itu seharusnyalah setiap satuan unit kerja memiliki standar
operasional prosedur sebagai acuan dalam bertindak, agar akuntabilitas
kinerja dapat dievaluasi dan terukur.

Sejarah telah membuktikan bahwa perusahaan yang mampu bertahan dan terus
bertumbuh adalah perusahaan yang memiliki pedoman standar yang jelas dan
dapat dipahami secara benar oleh seluruh karyawannya dalam berbagai level.
mengapa SOP diperlukan? karena, Pedoman Standard Operating Procedures (
SOP ) adalah satu modal penting bagi perusahaan untuk mengendalikan seluruh
keputusan dan kegiatan yang dilakukannya dalam koridor yang telah disepakati
dan teruji. Semakin besar perusahaan semakin besar pula tuntutan untuk
mempunyai alat kontrol yang baik dan efektif.

Mengapa SOP harus berbasis KPI ? apa itu KPI ? workshop ini menjelaskan
semuanya. Seluruh peserta akan langsung praktek, praktek dan praktek.
Setelah mengikuti workshop ini, peserta diharapkan mampu membuat SOP
berbasis KPI di perusahannya masing-masing.

Tujuan dan Manfaat Workshop
Agar peserta mampu membuat SOP yang efektif
Agar peserta mampu membuat SOP berbasis KPI

Materi Workshop
Memahami bisnis perusahaan
Memahami bisnis proses dalam perusahaan
Definisi, Manfaat dan Tujuan Job Analysis
Definisi, Manfaat, dan Tujuan Job Description
Definisi, Manfaat, Tujuan Performance Indicators
Definisi, Manfaat, Tujuan & Cara membuat Standard Operating Procedures
Praktek membuat Standard Operating Procedures berbasis KPI
Metode dan Teknik Penyusunan Standard Operating Procedures
Hambatan dalam Penyusunan Standard Operating Procedures
Evaluasi Standard Operating Procedures existing

Venue
Hotel Lumire – Jakarta Pusat

Date
Mei : 9-10 Mei 2011
Juni : 6-7 Juni 2011

Investment
Early Bird Rp. 2.500.000,- (dibayarkan dua minggu sebelum pelaksanaan)
Normal Rp. 3.100.000,-

No Account
BCA – KCP Ahmad Yani – Bekasi
No. Rek : 739 041 0829
a/n Bahari Antono

Informasi & Pendaftaran
Rani Kartika

Hotline
08788-1000-100
08788-1888-899
021-70692748
0815 1049 0007

Email  : Event@HRD-Forum.com
Website : www.HRD-Forum.com
——————————————
Form Pendaftaran : Teknik Menyusun SOP Berbasis KPI
Name                    : ……………………
Company              : ………………….
Address                : ………………….
Phone/HP             : ………………….
E-mail                  : …………………..
Date of Transfer     : ………………….
Isi Form ini lalu kirim ke : Event@HRD-Forum.com
——————————————

Our partner Network :
http://www.CreaBA.com
http://www.HRwebSearch.com
http://www.Whitehouse-Institute.com
http://www.Informasi-Training.net
http://www.Manager-Indonesia.NET
http://www.KlikHRD.com

Sudahkah bergabung dengan Mailing-list HRD Terbesar di Indonesia?
Kirim email kosong ke : Diskusi-HRD@yahoogroups.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s